Minuman khas korea yang cocok di musim dingin

Karena blog ini membahas tentang kuliner korea, maka tak lengkap rasanya jika hanya membahas makanan- makanan khas korea saja. Untuk postingan pada kali ini akan membahas tentang aneka ragam minuman khas korea yang bisa anda coba.
Berikut ini ada beberapa minuman khas korea :


1. Nok Cha

Sama seperti halnya di Jepang, terdapat minuman Green Tea atau Teh Hijau. Di korea terdapat minuman tradisional yang berbahan dasar teh hijau. Green Tea memiliki khasiat yang sudah sangat terkenal di dunia sebagai pencegah kanker dan melawan bakteri, mengurangi lemak tubuh, dan menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Teh hijau juga diketahui mengandung vitamin yang baik untuk kulit. Di Korea selatan, penyajian teh hijau biasanya pada suhu sedang antara 60-70 derajat, dengan alasan bahwa pada suhu ini rasa teh hijau yang nikmat akan lebih terasa.

2. Yuja Cha

Di Korea Selatan, meminum teh hangat pada saat musim dingin sudah menjadi kebiasaan. sama seperti minuman yang satu ini, Yuja cha merupakan suatu minuman yang juga terbuat dengan bahan utama teh dengan tambahan butiran buah citrun, madu atau gula yang disajikan hangat. Minuman ini banyak mengandung vitamin yang bermanfaat untuk menyembuhkan batuk, meredakan mabuk, dan sangat efektif menyembuhkan gangguan pencernaan.





3. Maeshil Cha

Satu lagi minuman korea yang disajikan hangat untuk musim dingin, Maesil Cha. Minuman ini merupakan teh ekstrak buah plum yang biasanya ada pada bulan juli karena bulan juli merupakan musimnya buah plum di korea. Teh ini efektif untuk menghilangkan letih, mengobati keracunan makanan, dan sebagai obat penghilang sakit perut. 

4. Mogwa Cha

Minuman ini merupakan minuman yang dibuat dengan buah Quince yang diawetkan yang dibuat menjadi manisan. Buah Quince merupakan buah yang memiliki bentuk mirip buah pearl atau apel, buah ini memiliki bau wangi, namun rasanya agak asam atau pahit. Teh ini bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan.


5. Saenggang Cha

Saenggang Cha merupakan minuman yang dikenal sebagai teh jahe di korea. Ketika meminum minuman ini mungkin yang terlintas di benak anda adalah salah satu minuman dari indonesia, bisa menebak?? ya, Wedang Jahe, minuman ini sangat mirip dengan wedang jahe di indonesia. Minuman ini dibuat dengan menyeduh jahe kupas kedalan air mendidih dan diberi gula. Minuman ini sangat efektif untuk menghangatkan tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.

6. Omija Cha 

Beberapa minuman diatas mungkin lebih memiliki terasa pedas, manis atau hangat. Minuman yang satu ini Omija Cha, memiliki rasa yang cukup komplit, pada minuman ini terdapat berbagai rasa sekaligus mulai dari manis, asam, pahit, asin dan panas. Minuman ini bermanfaat untuk menyembuhkan badan yang sudah lelah seharian bekerja.

7. Daechu Cha

Minuman ini memiliki rasa yang manis dan kaya rasa bila direbus dalam waktu yang lama. Teh ini dapat membantu untuk memperlambat proses penuaan dini, menenangkan saraf, mengurangi stres dan sulit tidur.

8. Sujeonggwa 

Salah satu minuman hangat dari korea, sujeonggwa. Teh ini diolah dari buah persimon dan jahe yang direbus terkadang juga ditambah kayu manis di dalamnya. Teh ini memiliki rasa yang manis dan hangat dengan sedikit pedas. Minuman Korea ini dapat membuat menghangatkan badan dalam waktu singkat.

9. Sikhye

Minuman yang satu ini sedikit terlihat tidak biasa karena minuman ini terbuat dari rendaman beras manis dan gandum. Dalam penyajian minuman ini juga bersama beras manis dan gandumnya. Sikhye memiliki rasa manis dan lembut.
 
10. Soju

Soju merupakan salah satu minuman dari korea. Untuk anda yang muslim lebih baik tidak mencoba minuman ini, karena soju merupakan minuman beralkohol. Minuman ini banyak diproduksi dan dikonsumsi di korea, pada awalnya soju dibuat dengan bahan baku beras, tetapi beberapa produsen minuman ini mulai memakai bahan tambahan maupun bahan pengganti beras, misalnya kentang, gandum, ubi, dll. Minuman ini tidak bewarna dan cenderung mirip dengan air mineral, dengan kandungan alkohol umumnya adalah 20%. 
 

11. Makgeolli 

Makgeolli adalah minuman beralkohol tradisional asal Korea. Minuman ini mirip dengan soju dimana bahan dasarnya adalah beras. Dalam pembuatannya beras tersebut dikukus dan difermentasi. Minuman ini memiliki warna putih keruh dan masih mengandung ampas beras karena minuman ini tidak disaring. Kadar alkohol minuman ini lebih kecil dari soju, yaitu berkisar 6–8%. Makgeolli ini tidak tahan lama disimpan, sehingga biasanya hanya dibuat pada waktu tertentu saja. Minuman ini memiliki rasa manis sekaligus sedikit asam.

Demikian beberapa minuman khas korea yang dapat ditemukan di korea.
Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar